Primary Menu
Hit Enter to search or Esc key to close
6 Keindahan Mata Air Guyangan Yang Tersembunyi Di Balik Tebing

6 Keindahan Mata Air Guyangan Yang Tersembunyi Di Balik Tebing

6 Keindahan Mata Air Guyangan Yang Tersembunyi Di Balik Tebing

6 Keindahan Mata Air Guyangan Yang Tersembunyi Di Balik Tebing

Siapa yang menyangka Nusa Penida juga pulau yang memiliki mata air. Mata air Guyangan merupakan mata air yang ada di Nusa Penida. Terjalnya tebing batu karang ternyata menyimpan berbagai keindahan yang tidak terkira. Salah satu keindahan tersebut adalah adanya mata air tersembunyi di sana.

 

Mata Air Guyangan, Tersembunyi Tapi Memiliki 6 Pesona

Mata air Guyangan merupakan mata air yang letaknya tersembunyi. Jika Pulau Bali identik dengan Pura maka jangan salah bahwa mata air ini juga sebagai tempat beribadah. Selain sebagai sumber mata air ternyata Guyangan memiliki beberapa keunikan lainnya.

 

Lereng Tebing Bukit

Guyangan terletak di lereng tebing bukit yang cukup terjal. Jika anda hendak kemari anda harus menuruni tangga kurang lebih sebanyak 700 tangga. Anda tidak perlu khawatir terjalnya lereng bukit tidak akan berbahaya karena adanya tangga.

Tangga yang ada di kereng bukit akan membuat anda merasa aman ketika sedang menuruni lereng. Namun anda perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk mencapai mata air ini.

Mata Air Keajaiban

Letak Nusa Penida yang tergolong dalam kawasan perbukitan yang tandus membuat tidak ada yang percaya ada mata air di sini. Mata air yang ada juga cukup besar dan arusnya juga deras. Banyak yang tidak menyangka bahwa ada mata air di tempat semacam ini.

Di Nusa Penida hampir tidak hutan yang sama dengan Bali Daratan. Adanya mata air merupakan suatu keajaiban bagi para penduduknya. Mereka sangat bersyukur karena air ini sangat bermanfaat bagi mereka.

 

Sumber Mata Air Alami

Karena letaknya yang berada di kawasan yang sepi air maka mata air ini menjadi mata air primadona. Dikelola oleh perusahaan air minum milik daerah sumber mata air ini dimanfaatkan warga lokal. Warga menggunakannya untuk air minum serta kebutuhan mandi.

Banyaknya air yang dimanfaatkan penduduk ternyata masih hanya sebagian kecil saja. Debit mata air yang sangat deras membuat kebanyakan air di mata air ini terbuang sia-sia ke laut.

 

Akses Jalan

Menuju mata air ini membutuhkan perjalanan yang cukup panjang. Maka anda memerlukan stamina yang sangat fit untuk menuju kemari. Letaknya yang berada di Guyangan yang termasuk dalam Desa Batu Kandik. Dibutuhkan transportasi laut untuk menuju kemari berupa perahu cepat atau speed boat.

Atau anda juga bisa menggunakan sampan atau naik kapal roro dari kawasan Padang Bai. Dari tempat parkir anda harus melewati anak tangga yang berjarak 450 meter. Tangga tersebut terjal dan berupa tangga turunan yang kemiringannya mencapai 800 bahkan cenderung mendekati vertikal. Bagi penyuka tantangan perjalanan semacam ini hanya perjalanan kecil yang mudah.

 

Keindahan Alam Sekitar

Ketika anda sedang menuruni anak tangga anda akan menikmati keindahan laut dan curamnya tebing.  Tangga yang anda gunakan terbuat dari pipa serta kayu yang ditempelkan di tebing bukit. Dibuatnya tangga berkelok ternyata mengandung tujuan tertentu yang bisa mengurangi kemiringan.

Lokasi wisata ini merupakan lokasi wisata yang suci bagi umat Hindu jadi harus dalam keadaan suci ketika datang kemari. Wanita yang sedang datang bulan tidak boleh masuk dalam lokasi ini.

 

Keunikan Mata Air

Keunikan mata air yang ada di Guyangan akan membuat anda merasakan impas setelah menempuh perjalanan panjang. Letaknya yang ada di sekitar tebing-tebing bukit tinggi membuat pemandangan alam laut Samudera Hindia sangat memukau. Hantaman gelombang Samudera Hindia semakin membuat Guyangan menjadi semakin indah.

Jika anda ingin melihat Mata Air Guyangan dari dekat sebaiknya anda menyiapkan fisik yang kuat. Anda bisa menikmati keindahan yang tiada bandingannya di sekitar mata air. Laut lepas juga menjadi pesona tambahan yang disuguhkan oleh mata air ini.

 

Write a Review

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating*